Office :
Gedung BG - Kampus UNM Gunungsari, Makassar
Phone : (0411) 883 187 - email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

5 Cara Mempercepat Jaringan Wireless (Wifi Network)

5 Cara Mempercepat Jaringan Wireless (Wifi Network)

Mungkin anda baru saja menghabiskan sebagian besar dari gaji Anda untuk membeli router baru, dan Anda secara bertahap mulai menyadari bahwa kecepatannya tidak tepat dalam kondisi normal. Untungnya, hal ini biasanya tidak ada hubungannya dengan kualitas router. Masalah yang paling mungkin terletak pada cara konfigurasi dan atau posisi. Sebuah sinyal wifi yang lemah atau kecepatan transfer yang lambat bisa mengganggu, tapi Anda akan senang mengetahui bahwa ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

1. Pertimbangkan posisinya - Kebanyakan orang tidak peduli di mana router itu ditempatkan karena mereka berpikir bahwa sinyal akan menjadi besar tidak ditentukan oleh posisinya. Hal ini sebenarnya sangat jauh dari kebenaran. Yang benar adalah bahwa mengetahui di mana tempat yang tepat untuk router Anda dapat menjadi pembeda antara sinyal yang kuat dan sinyal lemah. Ingat, sinyal lemah maka koneksi akan semakin lambat . Tempat router Anda di tempat yang strategis seperti di pusat. Jika rumah Anda memiliki tiga lantai, tempatkan di dekat pusat di lantai dua. Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada hambatan seperti benda logam atau dinding bata. Hambatan seperti ini benar-benar dapat memotong sinyal wifi.
2. Pembelian Repeater - Apabila memindahkan posisi router nirkabel Anda tidak benar-benar memecahkan masalah, maka repeater adalah solusi untuk memperbaiki masalah ini. repeater hanya sebuah perangkat yang ditempatkan dalam jangkauan jaringan nirkabel, dan akan meningkatkan daya pancar sinyal nirkabel lebih jauh. Ini sangat membantu jika Anda punya sebuah rumah yang sangat panjang atau sempit.
3. Cobalah mengganti saluran router - Banyak benda elektronik rumah tangga beroperasi pada frekuensi radio seperti router. Anda bisa memecahkan masalah dengan mengubah saluran router anda. Hal ini dapat dilakukan dalam Anda dalam pengaturan router Anda. Namun, ada beberapa program yang akan melakukan ini untuk Anda dalam hal bahwa Anda tidak merasa nyaman main-main dalam pengaturan, dan salah satunya disebut "Netstumbler."
4. Pastikan masalah bukan pada wireless adapter - Selalu disarankan untuk tidak selalu mempersempit masalah ke router Anda. Jika Anda menggunakan wireless adapter yang sama untuk terhubungkan ke jaringan dan Anda masih mengalami masalah, Anda mungkin harus melihat lebih dekat pada wireless adapter Anda. Untuk memeriksa apakah wireless adapter masalah,bawa ke rumah teman atau tempat umum yang memiliki wifi gratis. Jika wireless adapter Anda memiliki masalah dengan sinyal di tempat lain mungkin inilah penyebabnya. Pembelian wireless adapter lain adalah jalan keluarnya.
5. Coba update firmware router anda, serta driver yang relevan - Pengembangan perangkat keras tidak pernah sempurna, dan tidak semua perangkat akan bekerja sempurna. Masalah Anda alami mungkin diakibatkan dari firmware atau driver usang , jadi dapatkan firmware atau driver terbaru dari masing-masing router dan adapter. Firmware router biasanya dapat diperbarui melalui pengaturan gateway, dan driver adaptor biasanya dapat ditemukan di situs web produsen.

Sumber http://elkaubisa.blogspot.com/2010/09/5-cara-mempercepat-jaringan-wireless.html