Office :
Gedung BG - Kampus UNM Gunungsari, Makassar
Phone : (0411) 883 187 - email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PENGERTIAN DAN FUNGSI MOTHERBOARD

Pengertian dan Fungsi Motherboard

Pengertian dan Fungsi Motherboard

PENGERTIAN DAN FUNGSI MOTHERBOARD

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.

Motherboard adalah Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang pada mother board. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PERSONAL COMPUTER.  Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard,mousescanner), atau printer untuk mencetak. Motherboard dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : Value (terjangkau) Mainstream (menengah) High End (kelas atas) Motherboard memiliki dua ukuran, yang disebut ATX dan Micro-ATXChipset merupakan “jantung” dari Motherboard. Pilihlah chipset dengan teknologi paling akhir, agar dapat menggunakan devices & periferal terbaru. Contohnya : mendukung Processor Intel LGA775RAM DDR/DDR2Hard Disk Serial ATA, dsb. Produsen chipset yang umum di Indonesia antara lain : Intel, Via dan SiS.Driver adalah aplikasi yang berfungsi untuk “memperkenalkan” devices atau periferalyang dipasang pada Motherboard, misalnya VGA Card, Printer, CD ROM dan sebagainya. Tanpa driver, perangkat tersebut tidak dapat berjalanan atau dikenali oleh sistem PC. Pastikan Motherboard telah dilengkapi dengan CD Driver yang up-to-datedsehingga dapat mengenali perangkat terbaru.Arti istilah Jumper dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :Bentuk yang sederhana dari switch on/of. Umumnya jumper ini berukuran amat kecildan terbuat dari logam yang terbungkus plastik. Dimana biasanya digunakan untukmenentukan setting suatu fungsi seperti besaran frekuensi, BIOS, dll

SUMBER    :http://imam2net.web.id/2011/11/pengertian-dan-fungsi-motherboard.html