UNM Verifikasi Penghasilan Orang Tua Mahasiswa Baru

Sebanyak 1400 mahasiswa baru yang dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN mengikuti proses verifikasi pendapatan dan penghasilan orang tua atau wali (17/6).  Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Amanagappa Universitas Negeri makassar ini berlangsung selama dua hari.

Proses verifikasi ini dilakukan melalui tahap wawancara dan pemeriksaan slip gaji atau surat keterangan penghasilan orang tua yang sebelumnya wajib dibawa oleh mahasiswa bersangkutan. Tidak hanya mahasiswa, orang tua atau wali mahasiswa juga diwawancarai secara langsung untuk mendapatkan data yang real.

Verifikasi penghasilan orang tua atau wali ini akan menjadi dasar penentuan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan dibebankan kepada mahasiswa bersangkutan. ”Kita berharap agar penentuan UKT lebih tepat sesuai kemampuan orang tua maba dan jumlah tanggungannya,” ujar Nurdin Noni, ketua panitia verifikasi.

Untuk mengimbangi jumlah mahasiswa baru, proses verifikasi ini melibatkan 32 verifikatur dari unsur seluruh fakultas yang ada di UNM. Selain itu, pihak ICT Center juga turut menyediakan sistem yang mengatur jalannya verifikasi.

Nurdin juga berharap, melalui proses wawancara ini tidak akan ada lagi yang merasa diberatkan dengan besaran UKT yang wajib dibayar setiap awal semester oleh mahasiswa. Proses wawancara dimulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 wita. Bagi mahasiswa jalur SNMPTN yang berhalangan mengikuti proses ini, tetap bisa mengikuti proses wawancara bersama mahasiswa baru jalur SBMPTN dan Mandiri kedepan.

“Jika memang ada kendala yang tidak bisa dihindari oleh maba, mereka boleh mengikut pada saat verifikasi untuk jalur SBMPTN dan Mandiri,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan ini. (*humas/ianProfesi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *