Latar Belakang

LATAR BELAKANG

Pada ara modern Revolusi Industri 4.0 sekarang ini, hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia sudah tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi informasi sebagai Enabler bagi kegiatan dan layanan lainnya. Penggunaan Teknologi Informasi tidak lagi hanya sebagai alat bantu saja tetapi merupakan komponen wajib yang harus dimiliki.  Adanya perkembangan Teknologi Informasi yang sangat memudahkan aktivitas kehidupan manusia sudah menyebabkan ketergantungan yang sangat tinggi akan keberadaan teknoologi informasi. Teknologi Informasi ini adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengelolah data dan informasi, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun dan menyimpan serta memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan bahkan akan berupa sebuah informasi yang strategis dalam pengambilan keputusan disuatu instansi.

Dalam penyelenggaraan Pendidikan oleh suatu institusi Pendidikan yang modern bertaraf world class university, penggunaan teknologi informasi sudah menjadi kewajiban mengingat penyelenggaraan pendidikan dalam rangka pelayanan publik memerlukan good governance yang akan menjamin transparansi, akuntabilitas, efisiensi, dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan. Keseriusan pengelolaan inilah yang mendasari penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan seluruh kegiatan pendidikan karena kesadaran pentingnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang merupakan salah satu pilar utama pembangunan peradaban manusia saat ini dan merupakan sarana penting dalam proses transformasi menjadi bangsa yang maju dan bahwa teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki peranan yang besar dalam mensejahterakan kehidupan bangsa juga dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi akan meningkatkan kemampuan dalam mendorong terciptanya kemandirian bangsa dan peningkatan daya saing nasional.

Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT. TIK) Universitas Negeri Makassar sangat menyadari pentingnya penerapan teknologi informasi dan Komunikasi khususnya dalam mendukung seluruh aktivitas kegiatan civitas akademika dan pelayanan teknologi dalam pendidikan yang sepenuhnya didedikasikan kemanfaatannya bagi bangsa dan Negara. Keseriusan UPT. TIK dalam mendukung program pemerintah dalam pengembangan teknologi Informasi dan Komunikasi diwujudkan dengan menyusun rencana strategis UPT. TIK tahun 2020 – 2024 yang memiliki tugas dan fungsi khusus untuk mengawal pelaksanaan pembangunan dan pengembangan infrastruktur teknologi informasi, mengembangkan sistem tatakelola Teknologi Informasi, pengamanan informasi, pembangunan dan pengembangan sistem informasi. Penggunaan teknologi informasi ini akan dapat meningkatkan hubungan antara universitas dan pihak-pihak lain seperti G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).

Pembentukan UPT. TIK UNM menjadi tolak ukur pentingnya pemanfaatan teknologi informasi bagi seluruh kegiatan Pendidikan di UNM. Kebutuhan akan teknologi informasi bagi pengembangan dan diseminasi informasi teknologi pendidikan sangat mendesak dilakukan karena berkaitan dengan pencapaian visi UNM untuk menjadi pusat Pendidikan, pengkajian, dan pengembangan ilmu pengetahuan, sains, teknologi, dan seni berwawasan kependidikan dan kewirausahaan. Hingga saat ini UNM telah membangun sistem komunikasi berbasis teknologi Informasi dengan seluruh satuan kerjanya yang berada di seluruh kampus. Juga membangun koneksi dengan beberapa institusi riset dalam dan luar negeri dalam menjalankan kerjasama pendidikan dan penelitian.