PENYAMBUTAN MAHASISWA INBOUND PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar penyambutan mahasiswa inbound program pertukaran mahasiswa merdeka, pada Minggu (12/12/2021). Acara ini dibuka dengan menampilkan tarian empat etnis.

UNM terus berupaya melakukan transformasi agar mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi yang relevan dengan dinamika masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan serta perkembangan teknologi yang sangat pesat. Salah satu bentuk upaya UNM dalam bertransformasi dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan wawasan dan kompetensinya di dunia nyata.

Program pertukaran mahasiswa merdeka bertujuan untuk membuka ruang pertemuan bagi mahasiswa untuk berjumpa, bercerita, berbagi, mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya di Indonesia, utamanya di Sulawesi selatan.

Berdasarkan hasil laporan wakil rektor bidang akademik UNM, Prof. Dr. H. Hasnawi Haris, M.Hum program ini meloloskan 615 mahasiswa Outbound dari UNM yg tersebar pada 65 perguruan tinggi  di seluruh Indonesia. Sementara itu, UNM juga dipercayakan menerima mahasiswa inbound sebanyak 460 mahasiswa dari 28 perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia. Sebanyak 320 mahasiswa telah hadir secara  luring di UNM, sisanya mengikuti secara daring dikarenakan kendala izin dari orang tua.

Pencapaian dari kegiatan MBKM UNM pada tahun 2021, yaitu ; Program Kampus mengajar yang meloloskan 242 mahasiswa dengan 38 dosen pembimbing lapangan, dan UNM menempati peringkat pertama secara nasional sebagai perguruan tinggi yang meloloskan 1022 mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan sebanyak 72 orang. Untuk Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat , UNM  meloloskan  73 mahasiswa  pada 17 mitra perusahaan multinasional. Pada Program Transfer Kredit Internasional sebanyak 6 mahasiswa UNM diterima di University Kebangsaan Malaysia dan 4 orang mahasiswa di collage University Politemara Malaysia dan Pada Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI), sebanyak 1240 mahasiswa yang terdiri dari 971 mahasiswa UNM dan 269 mahasiswa dari 218 perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Program IISMA (International Indonesian Student Mobility Award) UNM berhasil meloloskan 1 orang mahasiswa-nya ke korea University. Adapun total bantuan yang diterima UNM melalui program MBKM sebanyak 14.556.681.000 yang tersebar pada 18 program hibah nasional.

Dengan adanya program pertukaran mahasiswa merdeka, diharapkan dapat memberikan dampak positif  bagi mahasiswa, meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan bakat, potensi, dan cita-citanya.