Sosialisasi Tata Laksana Pengawas UTBK SBMPTN 2021

Menjelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan mulai serentak pada tanggal 12 April sampai 18 April untuk gelombang 1 dan tanggal 26 April sampai 02 Mei untuk gelombang II , Universitas Negeri Makassar sebagai pusat utbk 712 telah memastikan kesiapan untuk seluruh aspek. Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam mengimbau agar pengawas yang nantinya bertugas mengawasi jalannya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) agar melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan seperti di tahun sebelumnya, pelaksanaan UTBK dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang sangat ketat dengan menerapkan pysical distancing pada tiap ruangan. Sebelum pelaksanaan ujian, peserta masuk ke ruang ujian wajib mengikuti protokol kesehatan. Peserta harus dipastikan dalam kondisi sehat dan melalui prosedur pemeriksaan covid 19.

Turut hadir para Wakil Rektor, Direktur UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi, para Dekan, dan sejumlah unsur pimpinan dalam lingkup UNM serta

Rektor mengingatkan agar pada pelaksanaan UTBK nantinya pengawas dan panitia menyediakan sejumlah alat kesehatan dan melakukan pengecekan suhu peserta sebelum memasuki ruangan, serta mewajibkan peserta menggunakan masker.

ia juga mengungkapkan kegembiraanya karena jumlah peminat yang memilih UNM mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, tercatat hampir 16.000 calon mahasiswa baru yang memilih UNM sebagai tujuan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.


“Terjadinya peningkatan jumlah peminat yang memilih UNM sebagai kampus untuk melanjutkan pedidikan, menjadi penanda UNM sebenarnya semakin terpercaya di masyarakat, sebagai bukti sekian pelaksana masuk perguruan tinggi UNM masuk di urutan 27 dari segi peminat, artinya UNM ini di percaya masayarakat,” ungkapnya.


ia pun berharapa para pengawas mengikuti jalannya sosialisasi ini dengan baik dan mengikuti jalannya kegiatan ini sampai selesai.
“Ini merupakan bagian dari tugas negara, tugas yang bukan baru bagi kita, ini rutinitas tahunan, cuma yang menjadi penekanan kunci ialah Kita terhindar dari titik kesalah,” Tegasnya.

Wakil rektor 1 , Prof.Hasnawi haris selaku ketua pelaksana pusat UTBK juga menegaskan banyak siswa yang tidak bisa mendaftar UTBK SBMPTN dikarenakan tidak membuat akun LTMPT, sedangkan batas pembuatan akun sampai tanggal 12 Maret 2021. Siswa yang tidak mempunyai akun LTMPT akan gugur haknya untuk mendaftar SBMPTN dan tidak ada perlakuan khusus..

Sosialisasi dilaksanakan dalam 2 sesi, pagi dan sore..Direktur UPT TIK selaku koordinator pelaksana pusat UTBK memaparkan tata cara penggunaan aplikasi pengawas UTBK SBMPTN dan para pengawas mengikuti jalannya sosialisasi ini dengan baik serta mengikuti jalannya kegiatan ini sampai selesai.