SOP


Adapun SOP ( Standard Operating Procedure ) dari pada UPT yakni,


PEMASANGAN JARINGAN BARU

  1. Pimpinan unit kerja mengirimkan surat permohonan pengubahan bandwidth kepada Direktur ICT.
  2. Direktur ICT mendisposisikan surat tersebut kepada Koordinator Divisi Jaringan.
  3. Koordinator Divisi Jaringan meminta kepada staf Administor Jaringan untuk melakukan cek ketersediaan bandwidth berdasarkan data daftar ketersediaan bandwidth apabila pengubahan bandwidth berupa penambahan bandwidth.
  4. Apabila bandwidth tidak mencukupi, staf yang ditunjuk melaporkan kepada Koordinator Divisi Jaringan agar dapat dicari solusi mengenai masalah tersebut. Jika ternyata permohonan tersebut tidak dapat dipenuhi maka Koordinator Divisi Jaringan melaporkan hal tersebut kepada Direktur ICT dengan rekomendasi menunda implementasi permohonan itu menunggu penambahan alokasi bandwidth.
  5. Akan tetapi jika permohonan tersebut dapat dilaksanakan maka staf Administrator Jaringan akan melaksanakan pengubahan dan melakukan pembaharuan data daftar ketersediaan bandwidth.
  6. Staf yang ditunjuk melaporkan penyelesaian tugas ke Koordinator Divisi Jaringan .
  7. Koordinator Divisi Jaringan melaporkan hasil implementasi kepada Direktur ICT.
  8. Direktur ICT akan menginformasikan status penyelesaian layanan bandwidth kepada pimpinan unit kerja.

 


PELAYANAN PENYEDIAAN VIDEO CONFERENCE

1. Pengguna mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Direktur ICT.
2. Permohonan diterima ICT Center UNM selambat-lambatnya satu minggu sebelum pelaksanaan dan harus memuat informasi :
a. Waktu pelaksanaan
b. Waktu uji koneksi
c. Tempat Pelaksanaan
3. Kontak teknis kedua belah pihak (sisi UNM dan sisi lawan konferensi)
4. Apabila waktu dan tempat pelaksanaan yang diminta berbenturan dengan acara lain, ICT CENTER UNM harus menginformasikan keadaan tersebut kepada Pengguna untuk dipertimbangkan alternatif pelaksanaannya.
5. Staf Teknis Videoconference ICT CENTER UNM akan menghubungi kontak teknis yang diberikan untuk membicarakan teknis persiapan dan pengujian koneksi untuk Videoconference.
6. ICT CENTER UNM melayani penggunaan fasilitas Videoconference pada hari yang ditetapkan dengan pendampingan teknis apabila diperlukan dan bertanggung jawab (dari sisi teknis) menjaga kelancaran pelaksanaan Videoconference.


PEMBUATAN/PENGUBAHAN DNS

  1. Pimpinan Unit Kerja mengirimkan surat permintaan nama domain kepada Direktur ICT.
  2. Direktur ICT akan mendisposisikan permintaan layanan tersebut kepada Koordinator  Divisi Jaringan.
  3. Koordinator Divisi Jaringan akan memeriksa permintaan tersebut, apabila permintaan  berupa delegasi NS record dan server DNS unit kerja tidak di bawah pengelolaan unit kerja sendiri, maka permintaan tersebut tidak dikabulkan.
  4. Apabila permintaan pengubahan DNS berupa pengubahan entri A record atau delegasi
    NS record dimana server DNS-nya di bawah pengelolaan sendiri, maka Koordinator Divisi
    Jaringan akan memerintahkan staf Administrator Jaringan untuk melakukan pengubahan pada DNS.
  5. Setelah pembuatan/pengubahan DNS dilakukan, staf tersebut memperbaharui history pada daftar DNS-nya.
  6. Staf bidang jaringan melaporkan hasil tugas ke Koordinator Divisi Jaringan.
  7. Koordinator Divisi Jaringan melaporkan kepada Direktur ICT hasil dari permintaan  tersebut.
  8. Direktur ICT akan menginformasikan status permintaan nama domain kepada pimpinan  unit kerja.


LAYANAN PERUBAHAN PASSWORD (Hostpot)

1. Pengguna mengajukan permintaan perubahan password kepada petugas
2. Pengguna menunjukkan bukti Identitas diri ke petugas
3. Petugas memverifikasi bukti Identitas dengan data ICT CENTER UNM
4. Jika sesuai, petugas langsung mengganti password dengan password yang baru
5. Password baru diinformasikan ke pengguna
 

PENGGUNAAN LABORATORIUM KOMPUTER

  1. Pimpinan Unit Kerja mengirimkan surat permohonan penggunaan lab. komputer kepada Direktur ICT
  2. Direktur ICT akan mendisposisikan permohonan penggunaan lab.komputer kepada pengelola/penanggung jawab lab. komputer
  3. Surat permohonan yang diterima paling lambat satu minggu sebelum pelaksanaan penggunaan lab. komputer
  4. Pengelola lab. komputer akan memasukkan permohonan tersebut ke dalam agenda jadwal penggunaan lab. komputer
  5. Apabila waktu dan tempat pelaksanaan berbenturan dengan acara lain, pihak pengelola lab. komputer harus menginformasikan keadaan tersebut kepada pengelola lab. komputer untuk dipertimbangkan alternatif pelaksanaannya
  6. Seluruh peserta pengguna lab. komputer wajib memenuhi semua tata tertib yang berlaku selama proses pelaksanaan kegiatan lab. komputer