Kuliah Umum Kebangsaan Bersama Sekjen PDI Perjuangan Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M memberikan kuliah umum kebangsaan di Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin 6 Februari 2023. Kuliah umum berlangsung di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM lantai 3 dengan mengangkat tema  “Reaktualisasi Pemikiran Bung Karno saat Ini Menyongsong Indonesia Emas 2045 sebagai Poros Maritim Dunia”.

Rektor UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng dalam sambutannya menuturkan, mewakili seluruh civitas akademika UNM, menyampaikan terima kasih sekaligus sebuah kehormatan dan kebanggaan atas kesediaan Sekjen PDI Perjuangan untuk hadir memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Makassar.

Menurutnya, kuliah umum selalu dihadirkan untuk memberikan pencerahan yang diharapkan dapat memberikan pemahaman serta wawasan yang lebih luas bagi para civitas akademika UNM.

“Kegiatan kuliah umum secara berkala diadakan di UNM dengan maksud untuk memberikan pengayaan dan pencerahan wawasan kepada civitas akademika UNM mulai dari tokoh, para cendekiawan, para tokoh yang expert di bidang masing-masing”.

Rektor UNM juga mengatakan bahwa tema kuliah umum yang diusung kali ini sangat menarik karena akan mengantarkan pikiran dan pemahaman tentang sosok negarawan sejati, sang Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia.

Beberapa pemikiran brilliant dan fundamental dari Bung Karno yang masih menjadi pegangan sampai saat ini yaitu rumusan tentang pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, rumusan tentang Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa, Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mampu mempersatukan berbagai keberagaman di Indonesia, serta NKRI sebagai harga mati bagi bangsa Indonesia.

Sementara Sekjen PDIP Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M di awal kuliah umumnya membawakan pantun “Kepemimpinan Prof Husain sangat mengagumkan, bahwa kemajuan Universitas Negeri Makassar menjadi membanggakan. Di sini mahasiswa digembleng Iptek hingga mental perjuangan, bangun Sulawesi Selatan pusat kemajuan dan jalan peradaban”

Hasto dalam kuliah umumnya menyampaikan bahwa ada 3 kunci jika ingin menjadi orang yang hebat (great) yaitu orang yang disiplin, pikiran yang disiplin, serta bertindak secara disiplin.

Sebelum mengakhiri kuliah umumnya, hasto juga berpesan kepada para mahasiswa yang hadir pada kuliah umum ini, harus mampu mengaplikasikan pemikiran – pemikiran Bung Karno. Tentunya hal itu dimulai dari membangun sikap atau kultur kedisiplinan untuk mengakselerasi pengembangan atau tradisi intelektual.

“Jadi rajin – rajinlah membaca untuk mencari inspirasi, mencari tahu sejarah perjuangan Bung Karno yang sangat menginspirasi, bermimpilah setinggi-tingginya, serta perkuat ilmu pengetahuan dan teknologi” serunya.