Pelaksanaan Tes Wawancara dan Microteaching PPPK UNM

Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan tes wawancara dan tes praktik mengajar (micro teaching) pada seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk kebutuhan Tenaga Teknis jabatan Fungsional Dosen Tahun Anggaran 2022.

Berdasarkan pengumuman dari kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) proses yang harus dilalui para peserta setelah dinyatakan lolos Nilai Ambang Batas (NAB) dengan metode Computer Asissted Test (CAT) tersebut, yaitu tes wawancra dan tes praktik mengajar atau micro teaching.

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari yaitu Senin – Kamis, tanggal 10-13 April 2023. Diawali dengan tes wawancara pada hari Senin – Selasa, tanggal 10-11 April 2023, lalu dilanjutkan dengan tes praktik mengajar atau micro teaching pada hari Rabu – Kamis, tanggal 12-13 April 2023.

Kegiatan ini menggunakan seluruh laboratorium komputer yang ada di UPT. TIK UNM. Total keseluruhan laboratorium yang digunakan sejumlah 11 laboratorium. Tes wawancara dan micro teaching ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom. Dimana tiap ruangan terdapat dua asesor yang akan mewawancarai para peserta. Tiap peserta diberikan waktu 20 menit untuk diwawancarai begitupun dengan microteaching. Setiap ruang laboratorium disediakan tiga unit komputer. Dua unit komputer untuk masing-masing asesor dan satu unit komputer untuk terhubung ke apliaksi zoom.