SIDANG TERBUKA LUAR BIASA PENGUKUHAN Prof. Dr. H. KARTA JAYADI, M.Sn

Universitas Negeri Makassar (UNM) mengukuhkan guru besar Prof Karta Jayadi sebagai Guru Besar bidang Agribisnis Pangan di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Kamis (23/6/2022).

Pengukuhan tersebut dipimpin langsung Rektor UNM, Prof Husain Syam dan dihadiri langsung sejumlah rektor dari berbagai universitas di Indonesia diantaranya; 1)Rektor UNJ, Prof. Dr. Komaruddin, M.Si., 2) Rektor UNIMED, Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., 3) Rektor UNSIL, Dr. Nundang Busaeri, Ir., M.T., 4) Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., 5) Rektor UBT, Prof. Dr. Adri Patton, M.Si., 6) Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, S.T., M.T., 7) Rektor UPNV Jakarta, Dr. Erna Hernawati, Ak., CPMA., CA., CGOP., 8) Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., 9) Rektor UPNV Jatim, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, M.MT., 10) Rektor UNSULBAR, Dr. Ir. H. Akhsan Djalaluddin, M.S. dan dihadiri dua mantan Rektor UNM pada masanya yakni Prof. Paturungi Parawansa dan Prof. Sjaruddin Kaseng.

Prof Husain Syam, Rektor UNM, dalam sambutannya mengatakan bahwa pengukuhan guru besar kita artikan sebagai tanda bahwa yang bersangkutan layak menjadi guru besar.

Karta Jayadi perjuangannya dari tahun 2015 mengusulkan jadi guru besar, akhirnya setelah 9 tahun baru dikukuhkan. Melihat pemaparan Prof Karta Jayadi, saya yakin akan kualitasnya,” jelas Prof Husain Syam.

Ditambahkannya: “Saya berharap apresiasi dari keluarga dan civitas akademika akan membuat Profesor Karta Jayadi bangga, dan tentunya ilmu yang didapat selalu menunjukkan kualitas negeri ini dan tidak berhenti sampai di situ.

Sementara itu, dalam paparannya, Karta Jayadi yang berjudul “Meremajakan dan Keragaman Nusantara Menuju Indonesia Maju”, memaparkan berbagai kesenian yang ada di Nusantara. Karta Jayadi mengatakan bahwa budaya dan seni Indonesia sangat kaya dan beragam.

Jika membentang dari ujung barat hingga ujung timur, maka Anda akan menemukan seni pahat patung berdasarkan kehidupan masing-masing,” ujarnya.

Di akhir pemaparannya, Karta Jayadi memaparkan ilustrasi roket Maju Indonesia.

Dengan ilustrasi ini, kami membayangkan roket berbahan bambu ini dapat berkontribusi untuk negara tempat tinggal anak-anak sekolah,” jelasnya.

Usai sambutan, anak Karta Jayadi menyanyikan sebuah lagu dan memberikan kado istimewa kepada ayahnya yang membawakan lagu “Yang Terbaik Untukmu” oleh ADA Band dan Gita Gutawa.