IMPELEMENTASI SISTEM INFORMASI PENASIHAT AKADEMIK SIM PA BERBASIS WEB DALAM LINGKUP UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Universitas Negeri Makassar khususnya prodi-prodi di Fakultas yang memiliki banyak mahasiswa sangat membutuhkan sistem informasi yang berhubungan dengan perwalian mahasiswa. Sehingga dengan adanya program ini diharapkan akan mempermudah dosen wali dalam memberikan bimbingan dan nasehat kepada mahasiswanya berdasarkan data – data dari mahasiswa itu sendiri. Aplikasi SIM-PA Perwalian merupakan suatu aplikasi komputer berbasis web yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data, juga memberi informasi tentang data mahasiswa dan segala kegiatan perwalian mahasiswa. Aplikasi SIM-PA ini diharapkan dapat memberikan kemudahan administrator dalam mengolah data-data tersebut serta dalam membuat laporan untuk diberikan pada bagian jurusan. Cara kerja program aplikasi adalah administrator/ user cukup memasukkan password untuk login dan dapat memilih menu-menu yang telah disediakan dalam menu utama untuk melakukan proses. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi web ini dapat memudahkan admin dalam mengelola dan menyimpan data mahasiswa, dosen dan perwalian serta memudahkan admin/ user untuk mendapatkan informasi mengenai data-data tersebut.

Sosialisasi penggunaan aplikasi di adakan di menera pinisi UNM lt3 ruang vidio confrence. Sosialisasi ini di hadiri Tim Pengabdi yakni Muhammad Agung dan Baso Riadi Husda dosen prodi pendidikan teknik mesin.

Selain Tim Pengabdi juga di hadiri oleh UPT TIK dan beberapa mahasiswa dari prodi pendidikan teknik mesin. Mahasiswa di perkenalkan aplikasi SIM-PA  cara menggunakan sistem, maka berikutnya dilanjutkan dengan simulasi olah salah seorang mahasiswa menggunakan akun dummy.

Ada tiga user yang ada pada aplkasi SIM-PA yaitu Admin, Mahasiswa, dan Dosen. Admin sistem berfungsi untuk menyediakan kebutuhan data untuk konsultasi akademik dan mendapatkan laporan rekapitulasi konsultasi akademik setiap dosen UNM. Admin bertugas melakukan sinkronisasi data user untuk mahasiswa dan dosen yang akan digunakan untuk login sistem. Data perwalian akademik juga disinkronisasi untuk membagi dosen perwalian dan mahasiswa perwalian di UNM. Untuk keperluan data topik konsultasi harus dimasukkan secara manual oleh admin kedalam sistem. Sistem akan menghasilkan data rekapitulasi akademik setiap dosen yang akan dimonitor oleh admin setiap periode.

User mahasiswa dan dosen hanya berfokus pada kebutuhan untuk konsultasi perwalian akademik. Mahasiswa dapat melihat dan menghubungi dosen perwalian akademik untuk memulai konsultasi. Begitupun dosen yang dapat menghubungi atau membalas pesan konsultasi mahasiswa perwalian.  Konsultasi yang dibuat dapat diubah statusnya menjadi selesai oleh mahasiswa dan dosen perwalian. Konsultasi yang berstatus selesai akan ditutup dadn tidak bisa melanjutkan atau mengirimkan pesan kembali. Untuk melanjutkan konsultasi mahasiswa dapat membuat konsultasi baru dengan judul konsultasi yang berbeda.

Pengembangan Sistem Informasi Perwalian Akademik Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar Berbasis Web menggunakan model pengembangan prototype. Penerapan sistem informasi perwalian akademik menggunakan PHP dan MySQL dapat mendata konsultasi akademik Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar. Aplikasi ini dapat membantu civitas akademika UNM Prodi Pendidikan Teknik Mesin untuk mendapatkan data hasil konsultasi setiap dosen per periode.

Berdasarkan antusiasme para peserta dalam mengikuti pelatihan, dapat disimpulkan bahwa pelatihan manajemen SIM PA yang dilakukan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pembimbingan akademik mahasiswa dalam lingkup Universitas Negeri Makassar. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif secara langsung pada peningkatan dan percepatan kelulusan mahasiswa. Selain itu, berdasarkan respon peserta selama pelatihan dan pendampingan dapat disimpulkan bahwa keaktifan dosen dan mahasiswa pada sistem merupakan salah satu kompenen dasar yang sangat mempengaruhi kualitas output.