REKTOR UNM KUKUHKAN DUA GURU BESAR

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam kembali mengukuhkan dua guru besar  dalam sidang terbuka luar biasa yang bertempat di Ballroom Teater Lantai 3 Menara Pinisi UNM, Kamis (24/11/2022).

Dua guru besar yang dikukuhkan yakni Prof. Dr. Pince Salempa, M.Si. sebagai professor dalam bidang Ilmu Kimia dan Prof. Dr. Dra. Hj. Bunga Dara Amin, M.Ed. sebagai professor dalam bidang Ilmu Pendidikan Fisika.

Dalam sambutannya, Rektor UNM menyampaikan bahwa gelar professor merupakan sebuah pencapaian atau jabatan tertinggi akademik yang semua dosen tentu sangat berharap dapat menambahkan gelar tersebut. Namun gelar ini tidak dengan mudah bisa didapatkan karena memerlukan proses perjuangan yang panjang. Maka dalam sambutannya, rektor UNM menyampaikan apresiasinya kepada kedua guru besar yang telah dikukuhkan sebagai professor dalam bidangnya masing-masing.

Pengukuhan dua guru besar ini memberikan energi baru bagi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya pada Program Studi Fisika dan Program Studi Kimia.

“Tentu sangat apresiasi dari saya selaku Rektor karena dengan pencapaian guru besar ini dan pengukuhan ini akan memberikan semangat kepada dosen yang lain untuk kemudian berlomba-lomba atau mempersiapkan diri untuk menjadi Profesor”

Terlebih lagi,  di Universitas Negeri Makassar telah ada program percepatan guru besar dan sudah ada  beberapa perguruan tinggi yang belajar ke Universitas Negeri Makassar tentang program tersebut.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Bunga Dara memaparkan “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Hypermedia dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa”

“Hypermedia merupakan bentuk media yang terbaru dan merupakan pelopor revolusi pembelajaran karena hypermedia tidak lain merupakan penggabungan antara hypertex dan teknologi multimedia interaktif yang tidak hanya memuat teks tetapi juga grafik video dan audio. Oleh karena itu walaupun melalui telepon dan sambungan kabel atau wi-fi para mahasiswa dapat mengakses dan menggunakan hypermedia. Penggunaan hypermedia akan bermanfaat jika didukung oleh perangkat pembelajaran seperti buku materi dan lembar kerja mahasiswa. Mahasiswa dapat menggunakan hypermedia dan perangkat pembelajaran tanpa dituntun oleh dosen atau pengajar,” jelas dosen Fakultas Matematika dan IPA (F-MIPA) UNM ini.

Sementara Prof Pince Salempa memaparkan orasi mengenai  “Kolaborasi Senyawa Anti Kanker dari Tumbuhan Endemik Hutan Tropis Sulawesi”

”Menurut data Badan Pusat Statistik di Indonesia pengembangan obat-obatan dan bahan alam sangat potensial karena memiliki iklim tropis tumbuhan tropis diyakini mempunyai kemampuan merekayasa beraneka ragam senyawa kimia yang mempunyai berbagai macam bioaktivitas dan menghasilkan senyawa-senyawa kimia yang alami yang berpotensi sebagai insektisida antifungi dan anti kanker,” papar Prof Pince Salempa.

Salah satu wilayah yang menjadi target penelitian herbal adalah tumbuhan hutan tropis di Sulawesi khususnya Provinsi Sulawesi Barat, tepatnya gunung Mandala dengan ketinggian 4700 meter dari permukaan laut yang terletak di wilayah Kabupaten Mamuju dan Mamasa menyimpan potensi tumbuhan obat herbal.