PENGUKUHAN GURU BESAR

Universitas Negeri Makassar kembali mengukuhkan dua guru besar di Ballroom Theater Lantai 3 Menara Pinisi UNM, Selasa, 6 Desember 2022

Prof Halifah Pagarra, M.Si., Ph.D. sebagai professor dalam bidang Ilmu teknik bioproses dan Prof Hartati, S.Si, M.Si., Ph.D. sebagai professor dalam bidang Ilmu biologi (dan bioteknologi umum)

Dalam sambutan Rektor UNM, mengatakan, gelar profesor merupakan dambaan semua orang di perguruan tinggi. Hanya saja, tidak mudah meraihnya karena merupakan akumulasi dari seluruh kebijakan. Menurutnya, profesor adalah sebuah pertanggung jawaban keilmuan di masing–masing bidang dan kedua guru besar hari ini memang layak dikukukan.

“Jangan berhenti berkarya untuk kemajuan mahasiswa, keluarga dan masyarakat.” Ujuar Rektor UNM.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Halifah Pagarra, M.Si., Ph.D dengan judul” antibiotik yang merupakan salah satu senjata paling ampuh untuk memerangi infeksi yang mengancam jiwa, baik pada hewan maupun manusia”.

Antibiotik yang membunuh bakteri disebut bakterisidal, sedangkan antibiotik yang menghambat pertumbuhan bakteri disebut bakteriostatik. Kesimpulan melalui skrinfektor  dengan menggunakan mulyator fuglatoraisore ph suhu, waktu berpengaru ternyata kepada hasil ekstrasi kemudian dilanjutkan dengan optimasi menunjukan ada peningkatan nilai sebesar 21,57% hasil tektin dari uji laboratorium menunjukan adanya pertumbuhan bakteri laktobasiluscasea dari pengaruh medium pektim prepebiotik. Dari hasil uji lapangan terbatas menunjukan pengaruh pebriotik berpengaruh terhadap komsumsi pakan, konversi pakan, berat badan akhir dan berat kakas, dengan demikian prebiotik pektin dapat mengantikan antibiotik pada pakan ayam boyler atau ayam pedaging sebagai sumber pangan sehat khususnya diprovensi sulawesi selatan.

Sementara Prof Hartati, S.Si, M.Si., Ph.D, dengan judul, “Green Technology Extraction, Metode Peningkatan Yield Metabolit Bioaktif untuk Senyawa Formulasi Produk Kesehatan”.

Metode pemisahan dengan ekstraksi saat ini, kata Prof Hartati, telah mengalami kemajuan dengan dimanfaatkannya ekstraksi fluida superkritis (SFE). Kesimpulan pada proses ekstrasi senyawa dalam menghasilkan sumbeaar bahan baku prodak kesehatan dapat digunakan oleh masyarakat dalam pengobatan berbagai jenis penyakit dan telah dikajii secara ilmiah. Penggunaan biji mahoni yang memiliki berbagai senyawa bioaktif dapat digunakan sebagai salah satu sumber bahan baku dalam industri farmasi kosmetik dan nutrasiktika. Perkembangan ilmu pengetahuan menuntut kerja sama dalam berrbagai disiplin ilmu untuk memanfaatkan tumbuhan dalam berbagai bidang dan untuk sekarang ini riset kami mengkaji penggunaan tumbuhan sebagai salah satu bahan baku pembuatan nano material dalam berbagai aplikasi antara lain untuk kesehatan manusia dan anti patogen pada tumbuhan.