SEMINAR NASIONAL HASIL-HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Sabtu (26/11/22) Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat diselenggarakan di Ballroom Theater Gedung Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar.

“Tradisi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah tradisi yang inherent, kita sebagai masyarakat kampus yang tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan kita dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi”. Kata  Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum dalam sambutannya.

Adapun yang menjadi narasumber Prof.Dr.Hasnawi Haris, M.Hum (Wakil Rektor Bidang Akademik UNM), Prof. Dr. Med. Vet. Drh. R Wisnu Nurcahyo dari Univesitas Gajah Mada (UGM) , Prof. Dr. Okid Pratama Astifin, M. S. dari Universitas Sebelas Maret(UNS), Prof. Dr. Ir. Nurdin, M.Sc., IPU., ASEAN Eng dari Universitas Halu Oleo (UHO)

Materi pertama yang dibawakan oleh Prof.Dr.Hasnawi Haris, M.Hum yaitu membahas transformasi pendidikan tinggi 8 Indikator Kinerja Utama (IKU), pencapaian IKU 5 UNM 2019-2021 yaitu hasil riset dan pengabdian masyarakat, langkah strategis dalam menghasilkan riset yang mendukung indikator kerja utama, dan beberapa isu strategis untuk peningkatan LP2M dalam pencapaian IKU.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Prof. Dr. Med. Vet. Drh. R Wisnu Nurcahyo yaitu membahas kampus merdeka, merdeka belajar, Kegiatan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), Sinergi Tri Dharma, Klasterisasi perguruan tinggi, Peraturan Pengabdian Masyarakat, Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM), Pemberdayaan Masyarakat Pemula (PMP), Pemberdayaan Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM), Ekosistem Kosabangsa.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Prof. Dr. Okid Pratama Astifin, M. S. yaitu Berkarya dan Mengabdi untuk Meningkatkan melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat Kompetitif Kemendibud Ristek, Pemberdayaan Berbasis Kewilayahan (PBK) yakni Pemberdayaan Desa Binaan (PDB)

Materi terakhir dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Nurdin, M.Sc., IPU., ASEAN Eng. yaitu Strategi Mendapatkan Dana Hibah Penelitian untuk Perguruan Tinggi.

Akhir kata dari moderator “Semoga kita semua sebagai dosen memiliki perubahan dan pertumbuhan mindset dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”.