Kukuhkan Dua Profesor, Prof Husain Syam : Jangan Berhenti Disini. Tetap Berkarya, Berkreasi, Berinovasi

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng kembali mengukuhkan Dua guru besar dalam sidang terbuka luar biasa Universitas Negeri Makassar (UNM) di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Kamis (21/12/2023).

Dua guru besar yang dikukuhkan yakni Prof. Dr. Dra. Andi Asmawati Azis, M.Si sebagai Profesor dalam bidang ilmu Biologi Reproduksi dan Prof. Dr. Ir. Hilda Karim, M.P bidang Ilmu Biologi.

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng dalam sambutannya memberikan apresiasi atas pengukuhan dua guru besar ini.

“Hari ini UNM merasa bahagia karena telah mengukuhkan dua guru besar sekaligus. Tahun ini, UNM mendapatkan guru besar sejumlah 36 orang, dan masih banyak yang sementara dalam proses usulan. Ini membuktikan bahwa kita sangat konsen untuk menghadirkan sumber daya manusia yang ada di UNM karena dengan demikian akan terjadi pelayanan dalam bidang layanan akademik, layanan pembelajaran, layanan konsultasi dan bimbingan pada mahasiswa khususnya juga kepada masyarakatagar betul-betul UNM ini dapat berkontribusi terhadap masyarakat dalma rangka penyelesaian masalah-masalah yang tengah kita hadapi di bangsa ini” jelasnya.

Lebih lanjut Prof Husain Syam berpesan kepada dua guru besar yang telah dikukuhkan untuk tidak berhenti berkarya.

“Saya berharap kepada kedua professor tidak berhenti sampai di sini. Tetap harus berkarya, berkreasi, berinovasi karena sesungguhnya para profesor ini sangat kita butuhkan. Semoga bisa lebih menunjukkan kelasnya sebagai professor yang telah dikukuhkan” pesannya.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Andi Asmawati Azis mengangkat judul “Sex Education Strategi Pengendalian Kesehatan Reproduksi, Pernikahan Dini dan Stunting”.

“Sex education sangatlah penting, bahkan sudah menjadi kondisi darurat yang harus segera dilaksanakan. Masalah kesehatan reproduksi adalah ancaman generasi muda yang dapat berdampak pada terbatasnya generasi yang sehat untuk masa depan. Serta stunting adalah dampak dari pernikahan dini yang belum siap secara ekonomi, mental, pengetahuan dan sikap untuk menjadi keluarga yang bertanggung jawab”tuturnya.

Sedangkan judul yang diangkat oleh Prof. Dr. Ir. Hilda Karim, M.P dalam penelitiannnya yaitu “Strategi Pengendalian Hayati Patogen Tanaman Budidaya Berbasis Penggunaan Mikroba Tropis”.

Turut hadir dalam prosesi pengukuhan ini diantaranya anggota DPR RI, anggota DPD RI, Bupati Bone Periode 2013, Rektor Universitas Patompo, Ketua STIM Lasaran Jaya, WR 3 UIN Makassar, WR 2 Universitas Bosowa, beberapa tamu kehormatan lainnya serta para keluarga besar guru besar yang dikukuhkan.