PKM Pengabdian 2023 – Pelatihan dan Penggunaan WordPress di Polman, Sulawesi Barat

Universitas Negeri Makassar khususnya UPT TIK UNM melakukan pengabdian di SMKN 1 TINAMBUNG. Materi yang dibawakan oleh tim pengabdian adalah wordpress. pelatihan pembuatan wordpress sangat membantu untuk siswa/siswi untuk membuat web yang instan tanpa perlu menggunakan database. Aplikasi wordpress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Umumnya orang menggunakan WordPress untuk membuat blog pribadi mereka. Terutama untuk pengguna baru yang tidak perlu memahami bahasa pemrograman yang rumit. Selain itu, di WordPress terdapat berbagai macam fitur, seperti posting, tag, dan kategori yang memudahkan pengguna untuk membuat website. Peserta yang ikut dalam pelatihan tersebut adalah seorang guru atau tenaga administrasi SMKN 1 TINAMBUNG yang berjumlah 25 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim UPT TIK UNM, yang bekerja sama dengan SMKN 1 TINAMBUNG, yang dilaksanakan pada hari Minggu 6 Agustus 2023. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari kepala sekolah SMKN 1 TINAMBUNG atas kedatangan Universitas Negeri Makassar, yang di lanjutkan dengan pembukaan oleh Dr. Eng. Ir. H. Muhammad Agung, S.T, M.T

Setelah pembukaan dilanjutkan sesi materi dan praktik yang dibawakan oleh tim pengabdian, mulai dari pengertian wordpress, cara pembuatan website dll.

Setelah pemberian materi dan praktik lgsg oleh pemateri dilanjutkan sesi penutup dan sharing ilmu antar tim pengabdian, kepala sekolah serta tim it dan laboran smkn 1 tinambung. Kemudian di tutup dengan foto bersama untuk mengakhiri  kegiatan pengabdian ini.